Ambeien Berdarah Terus

Mengapa buang air besar bisa berdarah? apa yang menjadi penyebabnya? bisakah diobati dengan cara alami tanpa harus pergi ke dokter?

 

Mengeluarkan darah ketika buang air besar adalah sesuatu yang mengerikan dan banyak beranggapan itu terjadi karena adanya penyakit dalam yang menyertainya. benarkah atau cuma isu semata?. Berikut ini adalah penyebab seseorang bisa mengeluarkan darah merah segar ketika BAB :

Wasir atau Ambeien

Gejala wasir  sering ditandai dengan BAB yang berdarah. Wasir adalah pelebaran dan pembesaran pembulih darah vena yang melemah pada sisi anus bagian dalam. Kondisi ini mempermudah terjadinya iritasi yang disertai pendarahan yang mengalir bersama tinja ketika buang air besar. Pada penderita wasir dibutuhan makanan untuk penderita wasir  yang tepat agar tidak memperparah gejala wasir. Ada beberapa penyebab wasir yang tidak banyak orang lain tahu, berikut ini adalah penyebab wasir yang harus diketahui :

  • Diet rendah serat. Menjalani diet rendah serat adalah jenis diet yang tidak sehat, karena tanpa adanya serat yang memadai di dalam tubuh manusia maka proses pembuangan tinja akan tersendat dan tidak lancar. Tinja yang keluar akan keras dan sulit untuk dikeluarkan.
  • Keras mengejan. Mengejan yang dipaksakan dengan kuat saat buang air besar menyebabkan tinja berdarah. Kondisi ini dapat menyebabkan pembuliuh darah vena menjadi tegang, tertekan lalu pecah karena terus menerus mendapat tekanan. Hal inilah yang menyebabkan pendarahan terjadi ketika buang air besar.
  • Diare. Mengalami sakit diare yaang tidak kunjung sembuh dapat memicu iritasi dan peradangan disekitar dinding anus yang dapat menyebabkan anus mengeluarkan darah yang segar ketika buang air besar.
  • Timbunan lemak. Lemak yang berlebihan pada orang yang mengalami obesitas memicu terjadinya pendarahan ketika buang air besar, itu disebabkan karena lemak dapat menghambat kelancaraan tinja untuk dikeluarkan secara normal. Desakan dan penyumbatan lemak berlebih dapat mengiritasi dinding anus yang akhirnya menyebabkan pendarahan ketika buang air besar.  Baca Juga:  Jual Obat Wasir Berdarah  
  • Anal sex. Hubungan seksual melalui anus dapat menjadi penyebab terbesar terjadinya wasir dan buang air besar disertai dengan keluarnya darah merah segar. Hubungan intim yang tidak lazim itu cenderung meninggalkan luka dan peradangan disekitar dinding anus. Jutaan bakteri yang ada didalamnya memicu anus terserang tumbuhnya sel kanker dan menyebabkan kanker anus. Bakteri juga dapat memperparah pendarahan hingga sulit dihentikan jika tidak secepatnya ditangani oleh tim medis.
  • Usia. Faktor usia juga dapaat membuat jaringan pembuluh darah dianus dan rektumnya menjadi melemah, otot-otot mengenendur dan tidak mampu lagi untuk mengejan. Akibatnya darah segar akan segera keluar ketika buang air besar ketika memaksa untuk mengejan.
  • Hamil. Kehamilan adalah salah satu penyebab buang air besar mengeluarkan darah segar, karena rahim yang terisi oleh janin akan menekan dinding perut dan akan melebar setiap bulannya sesuai dengan usia kandungan. Penekanan ini dapat menimbulkan kesulitan untuk mengejan ketika feses dalam keadaan keras.
  • Sembelit. Sembelit adalah salah satu faktor seseorang kesulitan untuk bisa buang air besar secara normal dan ditimbulkan akibat kurang serat, biasanya hal ini disebabkan kurang zat serat dalam tubuhnya. Sembelit juga bisa terjadi karena kurang minum air putih dan jarang menyantap buah buahan dan sayuran hijau. Mengkonsumi makanan yang mengandung serat tinggi bisa digunakan untuk menghindari terjadinya sembelit.

Gejala Wasir

Berikut ini adalah gejala wasir yang bisa menyerang siapa saja:

  • Saat buang air besar selesai timbul rasa gatal gatal dan pedih disekitar anus.
  • Darah keluar bersama feses ketika buang air besar dan dalam keadaan mengejan kuat.
  • Adanya peradangan dan luka didinding anus.
  • Anus mengalami pembengkakan dan sangat sakit jika disentuh oleh jari jari tangan.
  • Timbul benjolan yang terasa mengganjal yang dapat mengeluarkan rasa sakit yang luar biasa ketika duduk atau jongkok.

 

Komplikasi Wasir

Pendarahan terjadi akibat gesekan wasir di anus yang kendur. Anus ini tidak memiliki otot yang kuat untuk mengejan sehingga terjadilah pendarahan. Pendarahan yang terjadi bersamaan dengan buang air besar ini bisa menyebabkan beberapa komplikasi yang serius, berikut ini adalah komplikasi akibat wasir yang berbahaya :

 

Anemia. Terjadi anemia berat dimana sering terjadi pendarahan ketika buang air besar. Pendarahan itu membuat jumlah sel darah merah di dalam tubuh berkurang sehingga menyebabkan lemas dan lesu.

Strangulasi hemoroid. Terjadi strangulasi hemoroid yaitu ketika pasokan sel darah merah ke arah anus tersendat dan bahkan terhenti mendadak. Hal itu sering disebabkan adanya penyumbatan. Yang akan terjadi selanjutnya adalah rasa sakit yang luar biasa yang dapat memicu terjadinya kematian mendadak. Baca juga : Penyebab kematian mendadak. Baca Juga: Jual Obat Wasir Berdarah Ampuh

 

Kanker kolorektal. Keluar darah segar ketika buang air besar juga bisa disebabkan adanya kanker kolorektal dan kanker kolorektum. Hal ini merupakan komplikasi wasir yang paing serius sehingga harus segera berobat ke ahli onkologi.

 

Fissura Ani

Fissura ani sayatan yang menyebabkan robekan pada permukaaan anus kebagian dalam anus. Hal itu menyebabkan feses keluar disertai dengan darah merah segar. Saat feses keluar ada rasa nyeri dan panas luar biasa disekitar anus.

 

Peradangan di Tukak Lambung

Permukaan lapisan lambung yang terkena iritasi dan peradangan yang disebabkan infeksi virus dan bakteri akan menyebabkan wasir. Tukak lambung akan semakin parah jika si penderita mengkonsumsi obat anti inflamasi seperti aspirin dan ibuprofen yang dapat menyebabkan pendarahan.

 

Darah merah segar akan keluar ketika buang air besar meski sedang tidak mengejan. Ini disebabkan karena peradangan yang ada pada tukak lambung akan semakin lebar ketika jaringan tersebut terkontominasi dengan zat kimia yang ada pada obat anti inflamasi dan memicu pendarahan yang deras. Orang yang belum mengalami wasir dan belum mengalami penyakit maag sebaiknya tahu cara menjaga kesehatan lambung  agar terhindar dari wasir dan juga maag.

 

Terjadi Kolitis

Kolitis disebut juga dengan peradangan berat pada usus besar. Peradangan pada usus dapat mengakibatkan pendarahan dimana kondisi tersebut mengakibatkan pembuluh darah menjadi rentan untuk pecah dan menyebabkan darah segar akan mengalir dengan sendirinya ketika buang air besar.

 

Divertikular

Divertikular adalah semacam kantung kecil yang bertugas sebagai pembangun dan penyusun pertahanan di dinding usus besar. Jika di dinding usus terluka dan mengalami peadangan hebat maka yang akan terjadi adalah terjadi pendarahan. Darah itu akan ikut keluar ketika buang air besar.

 

Tentu reaksi pertama yang akan Anda miliki ketika menyadari bahwa Anda mengalami BAB berdarah adalah panik. Buang air besar yang disertai darah memang bisa dipicu oleh masalah kesehatan ringan dan tidak berbahaya, namun bukan berarti hal ini harus disepelekan. Ada pula risiko yang jauh lebih besar dan pada kondisi tertentu Anda pun diwajibkan untuk memeriksakan diri ke dokter.

 

Terkadang jumlah darah bisa sangat kecil sehingga hanya akan mampu terdeteksi melalui tes pemeriksaan darah yang tersembunyi pada tinja atau occult blood test. Jangan takut dulu bila hal ini terjadi pada Anda, ada beberapa obat BAB berdarah yang bisa diintip di bawah ini untuk mengatasinya, khususnya yang dipicu adanya wasir

 

Cara Mengobati Ambeien Berdarah Secara Alami

Cara mengobati penyebab BAB berdarah merah segar harus dilakukan sesegera mungkin. Cara ini bagus untuk penderita wasir dan cocok bagi orang yang ingin mencegah wasir. Berikut ini adalah caranya :

 

1. Gandum Utuh

Ketika Anda menderita wasir atau ambeien baik luar atau dalam, silakan mulai mengubah menu makanan. Bagi penderita wasir, gandum utuh adalah yang paling baik untuk dikonsumsi karena ada kandungan serat tinggi yang ada di dalamnya. Serat bakal membantu meredakan gejala ambeien dan perdarahan.

 

Terkadang wasir juga bisa disebabkan oleh konstipasi, sedangkan konstipasi merupakan akibat dari tubuh yang kekurangan serat. Supaya usus lancar dan tak mengalami sembelit, makanan yang mengandung serat tinggi seperti oatmeal, nasi merah, dan quinoa adalah yang terbaik untuk dikonsumsi. Masukkan bahan-bahan makanan tersebut ke dalam menu harian Anda.

 

2. Es Batu

Untuk mengatasi wasir atau ambeien, es batu adalah bahan yang sangat sederhana namun efektif. Jika terjadi pembengkakan serta rasa sakit yang begitu mengganggu, es batu adalah bahan yang dapat diandalkan untuk dijadikan obat.

 

Caranya: Gunakan icepack atau es batu yang dibungkus dengan kain bersih untuk diaplikasikan pada area yang terkena ambeien selama 10 menit. Lakukan sehari beberapa kali sampai ambeien hilang. Atau bila tak ada es batu, sayuran beku yang Anda simpan di dalam lemari es juga dapat digunakan sehari 3 kali selama masing-masing 20 menit pengompresan. Melakukan rutin jelas memberikan hasil yang paling baik.

 

3. Minyak Zaitun

Mengandung antioksidan dan juga anti-inflamasi, minyak zaitun merupakan bahan alami yang siap membantu Anda dalam mengatasi masalah ambeien atau wasir secara ampuh. Pada umumnya, ambeien luarlah yang paling bisa disembuhkan dengan minyak ini. Risiko inflamasi dan pembesaran pembuluh darah bakal berkurang dengan baik.

 

Caranya: Setiap hari, Anda bisa mengonsumsi sesendok teh minyak zaitun yang akan membantu mengurangi inflamasi. Lemak tak jenuhnya pun bakal mampu meningkatkan fungsi dari sistem ekskresinya. Atau cara lainnya, Anda bisa juga mengambil jus dari daun plum yang dicampur dengan minyak zaitun. Pembengakakan dan rasa sakit bakal berkurang secara efektif.

 

4. Lidah Buaya

Bukan hal asing lagi tentang khasiat lidah buaya untuk kulit karena hampir setiap orang sudah mengetahuinya. Sifat penenang dan anti-inflamasi naturalnya begitu luar biasa bermanfaat untuk mengurangi iritasi ambeien. Kabar baiknya, lidah buaya adalah tanaman yang bisa dimanfaatkan untuk mengobati ambeien luar maupun dalam.

 

Untuk Ambeien Luar: Ambil gel lidah buaya secukupnya yang kemudian dioles perlahan ke area yang terkena ambeien. Berikan pula pijatan sedikit dan pelan. Dengan obat ini, sensasi terbakar dan juga rasa sakitnya akan memudar secara berangsur.

 

Untuk Ambeien Dalam: Anda bisa memotong daun tanaman lidah buaya, lalu mengupas bagian luarnya secara tuntas. Irisan dagingnya bisa Anda masukkan ke sebuah wadah, lalu bekukan. Sesudah membeku, barulah es lidah buaya dapat Anda terapkan pada bagian ambeien untuk mengurangi sekaligus meredakan secara bertahap akan sensasi gatal serta sakit yang begitu tak nyaman.

 

5. Witch Hazel

Bahan ini pasti sudah sering didengar oleh Anda, namun masih banyak yang tak mengerti apa itu witch hazel. Tanaman ini bernama latin Hamamelis Virginiana dan sudah sangat kerap dimanfaatkan sebagai bahan produk kecantikan. Berasal dari Amerika Utara, tanaman ini memiliki banyak manfaat, tak terkecuali untuk mengatasi masalah ambeien. Baca Juga: Jual Obat Wasir Berdarah Di Apotik

 

Witch hazel adalah bahan alami yang juga sangat dipercaya mampu mengurangi rasa sakit, gatal hingga perdarahan. Tak cuma mengurangi, ambeien juga dapat disembuhkan hingga benar-benar sembuh dan gejala memudar. Memang belum terbukti secara ilmiah, namun kandungan minyak dan tanin di dalamnya mampu melawan inflamasi serta perdarahan akibat ambeien. Bahkan di dalam tanaman ini juga ada kandungan anti-inflamasi sehingga aman-aman saja bila hendak digunakan langsung pada area yang ambeien.

 

Caranya: Ambil kapas yang kemudian bisa Anda celupkan di dalam larutan sari witch hazel. Aplikasikan langsung pada area yang sakit dan terkena ambeien setiap hari paling tidak 3 kali. Witch hazel pun merupakan sebuah bahan yang mampu digunakan untuk memberikan perlindungan bagi anus dari iritasi dan mikroorganisme.

 

6. Air Putih

Sesederhana itukah mengobati ambeien luar maupun dalam? Air putih merupakan sebuah obat yang paling simpel namun termasuk sangat mujarab untuk meredakan ambeien tanpa efek samping. Sebetulnya tanpa harus disuruh pun, manusia membutuhkan 8-10 gelas air setiap harinya untuk melancarkan metabolisme tubuh.

 

Air putih adalah bahan yang mampu juga membuat segala bentuk racun di dalam tubuh ternetralisir secara sempurna. Porsi air putih yang sesuai akan mampu membuat rasa nyeri yang diakibatkan ambeien cepat berkurang dan membaik. Oleh karena itu, biasakan minum air putih banyak dengan takaran yang sudah disebutkan tadi; selain mengobati ambeien, air putih akan mencegah bahaya dehidrasi.

 

7. Minyak Almond

Setelah minyak zaitun, ada pula minyak almond yang juga siap untuk membantu Anda mengobati masalah ambeien. Kebanyakan memang minyak almond ini digunakan untuk menyembuhkan ambeien luar sama seperti minyak zaitun tadi. Minyak ini begitu aman dan efektif untuk Anda pakai secara rutin sampai ambeien sembuh.

 

Caranya: Sediakan sebuah kapas bersih yang kemudian bisa dicelupkan ke dalam larutan minyak almond. Gunakanlah dengan mengaplikasikannya langsung ke area yang terkena ambeien secara perlahan. Minyak ini bakal melembabkan sekaligus meredakan inflamasi di mana bahan ini bisa menenangkan sensasi terbakar dan gatal di area anus. Lakukan saja beberapa kali dalam sehari supaya manfaatnya segera dirasakan.

Silahkan Konsultasikan Keluhan Anda